Senin, 17 Desember 2007

Implementasi SAP – ESSA

Meningkatkan Kinerja HRD - PT. Astra International Tbk.

PT. Astra International Tbk berhasil mengimplementasikan SAP – ESSA ( Employee self Service Application) sukses meningkatkan effisiensi internal dan memberikan dampak terhadap kinerja perusahaan.

Proses Implementasi SAP-ESSA mencakup mulai dari Personnal data karyawan sampai dengan payroll system, implementasi ini direview langsung oleh PT. Astra Grapia sebagai implementor yang diketuai oleh Project Manager Bapak Hencky Yahya dan dibawah pengawasan Bapak. Bambang Patrap Yakin – Deputy Chief A-Sol, PT. Astra Graphia.

Sebelum mengimplementasikan SAP, database ke-HRD-an yang penting dan kritikal yang terletak dalam suatu database kurang terintegrasi dengan baik antar departement dalam HRD maupun data data yang terecord dalam system lama, sehingga mengurangi akurasi data serta data tidak bisa dilihat secara “single View”. Dan adanya beraneka macam system yang ada di masing masing departement di COHCD ( Corporate Organization & Human Capital Development) sehingga sulitnya docking terkait dengan data yang exsisting.

Implementasi SAP – ESSA setelah “GO Live”, hal ini memberikan dampak yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat bagi team HRD untuk lebih efektif dan efisien dalam mengelola data ke-HRD-an.

Team HRD saat ini mempunyai akses yang “real time terhadap akurasi data individu, laporan laporan ke-HRD-an dan karyawan dapat melihat langsung databasenya sampai dengan melakukan update database masing masing individu secara akurat dan tentu memberikan dampak kepada kemudahan akses dan meningkatkan pelayanan yang selama ini menjadi harapan karyawan Astra International – Head Office.

Implementasi SAP- ESSA ini juga mengurangi tingkat “Turnover” inventori hingga mencapai 40%, jumlah karyawan dan staf administrasi juga dapat lebih effisien. Dimana fungsi fungsi ke-HRD-an terkait dengan administrasi yang sebelumnya ada pada masing masing unit bisnis – cabang, maka dengan dengan diterapkan SAP-ESSA ini staf administrasi digabung dari beberapa unit bisnis menjadi satu bagian saja yang disebut SSC ( share Sarvice center ). Sehingga berdampak pada pengurangan Employee cost.

Dengan implementasi SAP-ESSA ini juga, PT. AI – HO dapat merespon lebih cepat terhadap pelayanan karyawan dan karyawan secara mandiri dapat melakukan entry- sampai dengan check sampai dimana proses welfarenya. Baik kwitansi obat, rumah sakit maupun lembur sampai dengan cutinya.

Disis lain dengan Implementasi SAP-ESSA, HRD team dapat melacak secara digital seluruh informasi terkait dengan ke-HRD-an secara akurat dan cepat, dampak yang didapat adalah pelayanan yang cepat dan terintegrasi dengan data memberikan kepuasan bagi karyawan dan permasalahan dapat diatasi dengan singkat. Dengan pelayanan yang akurat dan cepat ini memberikan dampak kepuasan karyawan sehingga dapat meningkatkan hubungan industrial yang harmonis dan menumbuhkan motivasi kerja karyawannya.

Ada beberapa kelebihan dengan adanya penerapan SAP-ESSA di PT. Astra International Tbk – Head Office (AI- HO). Adalah sebagai berikut :

  1. Implementasi Cepat, implementasi dan integrasi data yang akurat menyebabkan kinerja dan implemetasi administrasi ke-HRD-an menjadi lebih cepat dan akurat.
  2. Benar benar Terintegrasi, artinya database yang ada dan tersebar di beberapa Departement, saat ini terintegrasi dan karyawan dapat melakukan check-update-koreksi dan melihat langsung rekap datanya secara otomatis dengan memasukkan password dan langsung terintegrasi dengan databasenya.
  3. Aman dari kegagalan. Sebelum diimplementasikan SAP-ESSA seringkali prosesnya gagal dan salah entry yang menyebabkan adanya hambatan dari proses ke-HRD-an, yang berdampak terhadap tidak terintegrasinya data; dan karyawan kecewa karena proses gagal dan membutuhkan waktu untuk proses ulang, dengan implementasi SAP-ESSA ini karyawan dan staff HRD mempunyai andil dan peran masing masing dalam input –proses- hasil secara mandiri dan dapat dicontrol sampai dimana prosesnya.
  4. Smart User Interface, hampir semua data database masing masing karyawan dapat ditampilkan sesuai dengan gradingnya, hal ini memberikan ruang untuk akses secara personal dan memberikan user terhadap apa yang diperlukan sesuai dengan fakta dan data yang disimpan di database.

Dengan adanya SAP-ESSA ini dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan, dan menjadi harapan perusahaan hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja yang berdampak kepada bisnis yang berkelanjutan.

Muhammad aditya warman in brief

1 komentar:

gabby2000 mengatakan...

Selamat pagi,pak. Begini. Saya sekarang sedang ingin memperdalam bagaimana membuat sap untuk hrd karena job saya sekarang adalah di hrd juga dan masih menggunakan cara manual dalam sistem administrasinya. Dan saya tertarik dengan adanya program SAP Essa yg dijalankan di PT. Astra. kira-kira saya dapat mempelajarinya dimana, ya, pak ?
Terima kasih sebelumnya.