Senin, 17 Desember 2007

Petunjuk Untuk Sukses

Kita harus mencari teman dalam bisnis. Mereka akan menjadi sekutu kita dan akan membantu kta menaiki jenjang sukses dengan lebih cepat daripada yang kita bayangkan. Walaupun begitu, kita hendaklah berhati-hati dalam memilih teman, terutama yang ada hubungannya dengan bisnis. Hindarilah orang yang selalu gagal, manipulator, dan orang yang berpikiran picik. Marilah kita amati tiap golongan itu.


ORANG YANG SELALU GAGAL

Mulailah dengan mengenali orang-orang ini. Tanda-tanda kegagalan mereka biasanya sangat jelas. Makin jauh Anda maju di jalan menuju sukses, makin mampulah Anda menilai akan menjadi apa seseorang. Lebih lanjut, setelah pemrograman mental Anda menjadi semakin positif, Anda akan menarik makin banyak orang yang berhasil.

Orang yang gagal akan menyebabkan kita membuang waktu, energi, dan uang. Dan akhirnya untuk mencapai puncak, selalu orang yang berhasil harus mngambil alih pekerjaan orang yang gagal untuk mengerjakan ulang segalanya dari awal. Kerja sama ini akan selalu tidak berjalan searah dan dalam jangka panjang akhirnya akan gagal.

Bila dilihat secara keseluruhan, si berhasil, betapapun baiknya kemauan orang itu akan merugikan orang yang gagal. Tetapi orang ini tidak akan terlalu bersedih karena ia telah terbiasa gagal. Tetapi si berhasil akan dilanda perasaan tidak enak. Namun ia mendapat pelajaran yang berharga ia akan lebih teliti dalam memilih teman bekerja dan tidak akan mengulangi kesalahan itu. Di mana pun, kedua tipe ini tidak akan sejalan, karena cara pemikiran mereka memang berbeda.

ORANG YANG SELALU BERSIASAT

Karier orang ini mungkin akan berhasil pada mulanya, tetapi pada akhirnya akan gagal. Orang yang selalu menggunakan cara kerja dan manuver yang tidak beres akhirnya selalu mempertanggung jawabkan tindakannya. Kenyataan akhirnya akan terungkap. Daftar musuh mereka akan semakin panjang. Waspadalah selalu terhadap orang suka menjelek-jelekkan orang lain, baik teman bekerja maupun karyawan, dibelakang punggungnya. Dan siapa yang mau main kotor terhadap orang lain, akan mau juga mencurigai Anda.

ORANG BERPANDANGAN PICIK

Jauhilah orang seperti ini. Mereka selalu membuat Anda tidak leluasa karena mereka sendiri terbatas. Mereka berpandangan begitu picik sehingga tidak dapat mengerti bahwa orang lain dapat menikmati pandangan yang lebih luas dari mereka. Mereka akan menertawakan Anda kalau Anda bercita-cita muluk. Anda akan dicapnya sebagai orang gila atau pemimpi.

BELAJARLAH BERKOMUNIKASI

Orang yang ingin sukses harus belajar mengekspresikan dirinya dengan jelas, tegas dan meyakinkan. Dalam perjalanan menuju sukses kita harus membujuk dan meyakinkan orang.

Mengikuti kursus bahasa dan kursus berbicara di muka umum salah satu cara untuk membangkitkan minat yang mungkin terpendam dalam diri Anda. Kemampuan berbicara di muka umum, berapapun jumlah audiennya akan membangun kepercayaan diri Anda, dan merupakan modal yang sangat menguntungkan.

BUATLAH INVESTASI YANG BAIK

Untuk mencapai sukses, anda harus mampu menjual suatu gagasan, suatu pelayanan, dan keahlian Anda. Akhirnya anda perlu mampu menjual diri anda sendiri. penelitian menunjukkan bahwa sukses sangat tergantung pada kepribadian. Ada orang yang terlibat langsung dalam penjualan. Mengenal teknik-teknik penjualan akan meningkatkan keberhasilan.

BELAJARLAH MENDENGARKAN

Pada umumnya, orang berbicara terlalu banyak tetapi tak cukup mendengarkan. Dalam hampir setiap transaksi bisnis, orang yang tahu cara mendengarkan dan berbicara sedikit adalah pihak yang paling banyak memperoleh untung.

Kebanyakan orang senang berbicara. Topik utamanya adalah diri sendiri. amatilah diri anda. Buatlah perbandingan antara berbicara dengan mendengarkan .

BERPAKAIANLAH RAPI

Dalam semua kontak manusia, kesan pertama memainkan peranan penting. Faktor-faktor yang memainkan peran itu antara lain cara berpakaian yang apik, senyum yang ramah, atau rambut yang rapi. Lain halnya denga orang yang berpenampilan jorok, mereka akan membangkitkan kesan yang buruk.

PIKIRAN YANG SEHAT DAN BADAN YANG SEHAT

Dalam perjalanan menuju sukses, pentinglah keadaan badan yang sehat dan segar. “kalau lagi lemah, badan memegang komando. Kalau kuat, badan patuh.” Badan yang sehat merupakan alat terbaik untuk mencapai sukses. Anda akan lebih berenergi, tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara mental.

Berolah ragalah secara tetap. Olah raga mengendurkan tubuh dan pikiran. Pilihlah olah raga yang sepenuhnya menyerap perhatian Anda dan biarkan diri Anda melupakan segala urusan pekerjaan.

UANG ORANG LAIN

Sukses adalah suatu usaha tim. Selain itu, sukses tak pernah dicapai dengan uang satu orang saja. Tidak jarang, sukses adalah hasil dari Uang Orang Lain. Di balik setiap jutawan tersembunyi seorang pengutang.

Apakah Anda akan meminjam uang atau tidak? Berapa besar? Kapan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak mudah dijawab. Namun ada satu hal yang pasti : kalau alam bawah sadar Anda terprogram dengan baik, Anda akan tahu apakah Anda perlu meminjam uang atau tidak. Sikap hati-hati selalu dianjurkan. Beberapa orang tidak pernah berani meminjam uang dan menghabiskan hidupnya dengan menabung sendiri sedikit demi sedikit dan mengetatkan ikat pinggang. Semua orang kaya pernah meminjam uang pada suatu atau beberapa titik dalam hidupnya. Contohlah mereka. Tetapi sebelumnya pelajarilah kemampuan Anda membayar kembali, lalu percayalah kepada naluri dan pikiran bawah sadar Anda. Dan jangan lupa bahwa kekayaan lebih dekat pada orang yang berani.

SUATU KOMPLEKS RENDAH DIRI

Satu dari tiap dua orang dikatakan menderita rasa rendah diri pada satu masa dalam hidupnya. Kalau Anda termasuk yang mengalami hal ini – itu bahkan lebih baik. Banyak orang yang sukses yang sebelumnya menderita rasa rendah diri pada masa mudanya. Tetapi mereka tahu cara mengubahnya menjadi berguna. Mereka tidak terus menerus merasa kasihan pada diri sendiri. mereka mengalahkan kompleks itu. Anda pun dapat berbuat seperti mereka. Alih-alih bersedih karena kekurangan Anda. Temukan manfaat frustasi yang kreatif, ketidakpuasan yang Anda alami, dari mana pun datangnya, dapat membantu Anda untuk maju. Di satu segi, Anda akan melebihi orang-orang yang memiliki ego lebih kuat daripada Anda. Ubahlah frustasi dan rasa rendah diri Anda menjadi sukses. Dan sebagai hasilnya, Anda akan kehilangan rasa rendah diri Anda.

PILIHLAH SEORANG MODEL

Pilihlah orang-orang kaya dan sukses yang menjadi idola Anda yang akan menjadi sumber inspirasi Anda untuk mecapai tingkat-tingkat puncak. Semua orang terkenal mempunyai cita-cita muluk. Mereka menginginkan cita-cita yang tinggi. Peribahasa berkata, contoh baik adalah khotbah paling bagus.

SEORANG MODEL ADALAH CONTOH UNTUK DITIRU

Seorang model dapat juga membantu Anda dengan cara lain. Bila berhadapan dengan suatu masalah, bertanyalah kepada diri sendiri apa kira-kira yang akan dilakukan oleh pahlawan Anda. Bacalah biografi orang-orang terkenal. Cobalah mengetahui apa yang membawa orang-orang itu ke keberhasilan mereka. Gunakan contoh mereka sebagai sumber inspirasi. Pada awalnya semua orang kaya ini tidak jauh berbeda dengan Anda sendiri. tetapi mereka menerapkan prinsip-prinsip yang diabaikan atau tak digunakan kebanyakan orang. Anda sekarang mengetahui prinsip-prinsip ini, terserah pada Anda, apakah Anda akan menerapkannya dan menjadi seseorang yang dikagumi oleh semua orang.

Tidak ada komentar: